Layanan Pertanahan

Berita

Tautan Luar

Thursday, June 10, 2010

"LARASITA" Layanan Baru BPN Yang Murah Meriah

Peranan tanah bagi pemenuhan kebutuhan tidak pernah menyusut bahkan semakin berkembang. Sehubungan dengan hal tersebut, kebutuhan akan dukungan berupa jaminan kepastian hukum di bidang pertanahan juga semakin meningkat. Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (BPN RI) menyadari hal tersebut sebagai tugas pokok pemerintahan di bidang pertanahan yang harus dilaksanakan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2006 tentang Badan Pertanahan Nasional. Wujud pelaksanaan tugas pemerintahan BPN RI di bidang pertanahan adalah dilaksanakannya beberapa program pertanahan secara berkelanjutan. Program-program pertanahan tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan catur tertib pertanahan yang mendukung terwujudnya visi BPN RI.
Salah satu program unggulan BPN RI saat ini adalah LARASITA (Layanan Rakyat Untuk Sertipikasi Tanah), yang pada tahun 2010 ini dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Barat. Hal ini merupakan perwujudan atau implementasi dari UUPA Nomor 5 Tahun 1960.
Tujuan utama program ini adalah untuk membantu masyarakat kecil yang kesulitan dalam mensertipikatkan tanah miliknya akibat biaya yang dirasakan cukup besar dan mahal. Masyarakat yang selama ini sulit dijangkau oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Barat akan mudah didekati dengan mobilitas yang dimiliki yakni sebuah mobil yang lengkap layaknya sebuah kantor bergerak. Selain itu juga masih ditunjang dengan dua unit sepeda motor. Diharapkan melalui program ini dapat memenuhi setiap kebutuhan masyarakat Sumba Barat akan jaminan kepastian hukum atas tanah yang dimilikinya

YANZ